INTERNASIONALISASI : MAHASISWA INSTITUT KESEHATAN HELVETIA MAGANG DI UNIVERSITAS SAINS MALAYSIA

Senin, 31 Agustus 2023, mahasiswa Institut Kesehatan Helvetia (IKH) khususnya Mahasiswa Program S1-Farmasi dan D3 Keperawatan memulai magang internasional di Universitas Sains Malaysia. Kegiatan bertajuk Student Internship,  merupakan realisasi Perjanjian Kerjasama dengan Universitas Sains Malaysia yang digagas pada tahun 2022 lalu. Magang akan berlangsung dalam 2 gelombang yakni Gelombang I  tanggal 31 Juli- 06 Agustus 2023, Gelombang II tangal 07 Agustus – 13 Agustus 2023.

Gelombang I diikuti oleh 30 mahasiwa Farmasi IKH didampingi oleh Ketua Prodi S1 Farmasi IKH Apt. Adek Chan, M.Si, Biro Akademik IKH Bd. Siti Aisyah, SST., M.K.M, Kepala Laboratorium IKH, Siti Fatimah Hanum, S.Si, M.Kes. Tim Magang disambut hangat oleh pejabat di Institut Perubatan Dan Pergigian Termaju Universiti Sains Malaysia Bertam. Sambutan Pembukaan disampaikan langsung oleh Prof. Dr. fatanah dari USM, dan Bd. Siti Aisyah, SST., M.K.M selaku perwakilan dari IKH.

Pada magang kali ini dalam rangka meningkatkan ikatan akademik antar 2 perguruan tinggi maka diselenggarakan pula seminar internasional secara Hybrid bertajuk “ Propagating the Pharmacy Quality Improvement Initiative” pada tanggal 03 Agustus yang menghadirkan 2 narasumber dari 2 perguruan tinggi yakni  Mr. Md Hisham Abd Razak dan Apt. Adek Chan, M.Si . Kegiatan diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa jurusan farmasi pada kedua perguruan tinggi.

Selama magang mahasiswa akan mendapatkan pengayaan dan pendalaman terkait bidang farmasi pada berbagai lokus antara lain, rumah sakit, industry, serta laboratorium kampus USM. Dengan berbagai kompleksitas pengalaman yang didapatkan selama magang diharapkan dapat meningkatkan capaian pembelajaran yang diharapkan. Penutupan Gelombang I dihadiri langsung oleh pejabat kampus USM yakni Prof. Madya Dr Hasni Bin Arsad selaku Timbalan Pengarah Penyelidikan dan Jaringan, Prof. Madya Dr. Noor Khairiah Binti A. Karim sebagai Timbalan Pengarah Klinikal, Kelestarian & Piawaian, Dr Ida Shazrina Binti Ismail sebagai Timbalan Pengarah Akademik & Antarabangsa dan Dr. Eshaifol Azam Bin Omar Ketua Jabatan Toksikologi. USM menyambut baik magang ini sebagai bagian dari pengembangan kerjasama yang produktif bagi kedua perguruan tinggi.

Gelombang II rencananya akan dimulai pada tanggal 07 Agustus 2023 yang terdiri atas mahasiswa farmasi dan D3 Keperawatan IKH. Tim Magang terdiri atas Sekretaris LPM IKH, Kepala Bagian Kerjasama LPIK IKH dan Ketua Prodi D3 Keperawatan. Pada gelombang II akan lebih komplek aktivitas yang akan dilaksanakan karena terdiri atas 2 program studi. Selain itu pada gelombang II ditargetkan juga akan menggaet mitra kerjasama lain yang memungkinkan akan menjadi mitra kerjasama internasional IKH pada masa yang akan datang.

Kerjasama dengan mitra internasional adalah target yang hendak dicapai oleh Institut Kesehatan Helvetia pada jangka menengah sebagai bagian dari upaya berdaya saing secara global. Oleh karena itu IKH menargetkan mitra kerjasama internasional lainnya yang relevan dan win win solution dalam mendukung implementasi tridharma perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *